Kamis, 10 Juni 2010

rem tromol belakang

BAB III
LAPRAN PELAKSANAAN PRAKTIK

SERVICE REM TROMOL


A. URAIAN

Pada tipe rem tromol, kekuatan tenaga pengereman diperoleh dari sepatu rem yang berputar bersama – sama dengan roda.
Karena self – energizing action ditimbulkan oleh tenaga putar tromol dan tenaga mengembangnya sepatu, kekuatan tenaga pengereman yang besar disebabkan oleh usaha pedal yang relatif kecil.

PERALATAN, BAHAN, DAN KESELAMATAN KERJA
1. ALAT DAN BAHAN
Alat dan bahan yang digunakan ketika praktek
a. 1 Unit mesin mobil kijang
b. Kunci Ring ( 12 dan 14 )
c. Palu karet
d. Obeng ( - )
e. Dongkrak
f. Jack Stand
g. 1 Set Kunci socket
h. Kompresor
2. KESELAMATAN KERJA
1. Gunakan alat sesuai fungsinya
2. Gunakan pakaian (Weer park ) saat bekerja
3. Bekerjalah dengan teliti dan hati-hati
4. Ikutilah instruksi dari pembimbing PKL
5. Bekerjalah dengan prosedur kerja
6. Tanyakan pada instruktur apabila mendapatkan kesulitan dalam praktek
7. Bersihkanlah kembali setelah praktek

B. PELEPASAN REM BELAKANG

KOMPONEN – KOMPONEN REM BELAKANG






















1. Melepas roda belakang dan tromol rem
Catatan : Bila tromol rem sulit dilepas, lakukan langkah-langkah berikut :
a. Lepas penyumbat dari backing plat dan masukan obeng melalui lubang pada backing plat dan tekan tuas otomatis menjauhi baut penyetel.
b. Menggunakan SST atau obeng yang lain, kurangi tinggi penyetelan sepatu dengan memutar penyetel searah jarum jam.
SST : 09704-30010
2. Melepas sepatu depan
a. Menggunakan SST, Lepas pegas pembalik
SST : 09703-30010












b. Menggunakan SST, Lepas pegas penahan sepatu, dua mangkuk dan pen
SST : 09718-00010
c. Lepas sepatu depan, dan pegas angkur
















3. Melepas sepatu belakang
a. Menggunakan SST, Lepas pegas penahan sepatu atas, dua mangkuk dan pen. SST : 09718-00018
b. Lepas sepatu belakang bersama dengan penyetel
c. Lepas kabel Rem Parkir dari tuas








4. Melepas penyetel dan sepatu belakang
a. Lepas pegas tuas penyetel
b. Lepas penyetel







5. Bila Perlu, lepas silinder roda
a. Menggunakan SST, Lepas pipa rem
SST : 09751
b. Lepas dua baut pengikat silinder roda








6. Membongkar silinder roda
a. Gunakan kaleng untuk menampung minyak rem.
b. Lepas komponen berikut dan silinder roda
o Dua karet pelindung
o dua piston
o dua karet rem
o pegas







PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN REM BELAKANG
1. Periksa komponen yang dibongkar
Periksa komponen yang dibongkar terhadap keausan, karat atau
kerusakan.

2. Ukur Ketebalan Pelapis Sepatu Rem

Mengukur ketebalan kanvas
Ketebalan minimum : 1,0mm (0,039 in)
Ketebalan standart : 6,0 mm (0,197 in)
Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum, atau terlihat tanda-tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.









3. Mengukur diameter Tromol Rem
Diameter maksimum 230,C mm
Diameter standart 228,6 mm
Bia tromol rem tergores atau aus tromol rem dibubut sampai pada batas diameter maksimum.







4. Memeriksa persinggungan kanvas rem don tromol rem
Bila permukaan gesek antara kanvas rem dan tromol tidok baik gerinda kanvas atau gantilah rakitan seputu rem









5. Memeriksa silinder roda tarhadap karat atau keriskan
6. Memeriksa plat penahan terhadap keausan atau kerusakan








7. Ukur Celah antara sepatu rem dean tuas
Menggunakan feller gauge, ukur celah
Celah standar kurang dari 0,35 mm (0,0138 in)
Bila Celah diluar nilai spesifikasi, gantilah SHIM dengan ukuran yang tepat.
Ketebalan Mm (in)
0,2 (0,008)
0,3 (0,012)
0,4 (0,016) 0,5 (0,020)
0,6 (0,024)
0,7 (0,035)


8. Bila Perlu gantilah SHIM
a. Lepas Cincin-C dari sepatu belakang
b. Pasang SHIM dengan ukuran yang benar
c. Pasang tuas rem parkir dengan cincin –C baru





















PERAKITAN REM BELAKANG

Catatan : Rakitlah Komponen-komponen dengan arah yang benar seperti pada gambar.

ulir kanan ulir kiri









1. Bila Perlu.rakit dan pasang silinder roda
a. Oleskan gemuk lithium soap base glycol pada karet rem (piston cup) pasang pega sdua karet rem (Piston cup) di dalam silinder. Pastikan bahwa flenskaret rem (piston cup) menghadap ke dalam








b. Pasang dua piston oleskan gemuk lithium soap base glicol, seperti pada gambar dan pasang dua karet pelindung(boot).




c. Pasang silinder roda pada backing plat dengan dua baut pengikat.
Momen : 100Kg-cm (7 ft-lb, 10N.m)
d. Menggunakan SST Pasang pipa rem
SST : 09751-36011
Momen : 155 Kg-cm (11 ft-lb,15 N.m)









2. Oleskan gemuk pada backing plat
Gunakan gemuk temperatur tinggi









3. Oleskan gemuk pada ulir baut penyetel dan kedua ujung penyetel
Gunakan gemuk tahan temperatur tinggi








4. Pasang penyetel pada sepatu belakang
a. Pasang penyetel
b. Pasang pegas tuas penyetel








5. Pasang sepatu belakang
a. Pasang kabel rem tengan pada tuas dan periksa bahwa kabel rem tengan terkait dengan benar pada pengantar kabel.











b. Pasang sepatu belakang pada tempatnya dengan ujung sepatu masuk pada silinder roda dan ujung yang lain masuk plat angkur
c. Menggunakan SST pasang pen dan pegas penahan sepatu.
SST : 09718-00010






Catatan :
Jangan membiarkan oli atau gemuk terkena pada permukaan gesek.











6. Pasang sepatu depan
a. Pasnag pegas angkur diantara sepatu depan dan sepatu belakang.
b. Pasang sepatu depan pada tempatnya , dengan ujung sepatu masuk pada silinder roda dan ujung yang lain pada plat angkur , dan pasang pula penyetel pada tempatnya.
c. Menggunakan SST pasang pegas penahan sepatu dua mangkuk dan pen
SST 09718-00010














7. Periksa mekanisme penyetel otomatis
a. Periksa, bahwa baut penyetel berputar bila tuas rem parker di tarik Bila tuas tidak berputar , periksa kembali adanya kesalahan pemasangan pada rem belakang









b. Setel penyetel pada posisi dimana diperoleh kemungkinan panjang yang terkecil.
c. Pasang tromol rem
d. Tarik tuas rem parker sepenuhnya, berulang-ulang beberapa kali.

















8. Periksa celah antara sepatu rem dan tromol rem
a. Lepas tromol rem
b. Ukur diameter dalam tromol rem dan diameter sepatu rem
Periksa bahwa selisih diameter adalah sama dengan celah sepatu
Bila menyimpang , periksa system rem parkir

9. Bersihkan permukaan tromol dan sepatu rem menggunakan kertas ampelas
10. Pasang tromol rem dan roda belakang
11. Isilah tangki cadangan dengan minyak rem dan lakukan pembuangan udara system rem
12. Periksa kebocoran minyak rem.



































BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
1. Program pelatihan industri merupakan program bersama antara sekolah Menengah Kejuruan dengan dunia usaha atau industri yang mempunyai tujuan yang sama yaitu menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil untuk mengisi kebutuhan dunai usaha atau industri pada saat sekarang ataupun yang akan datang.
2. Setelah penulis melaksanakan pelatihan Industri banyak pengalaman , pengetahuan dan wawasan serta pelajaran yang penulis dapatkan baik itu dalam bidang usaha perbengkelan maupun kejuruan penulis.
3. Dengan membuat Laporan, penulis dapat menuangkan pengalaman-pengalaman dan pelajaran yang penulis dapatkan selama melaksanakan Pelatihan Industri.
4. Dunia usaha perbengkelan merupakan dunia usaha otodidak yang akan terus berkembang seiring dengan maju dan berkembangnya IPTEK dalam negeri terutama dala bidang Otomotif.
B. SARAN
1. Sebaiknya ada pembekalan yang lebih bagi siswa-siswi yang akan melaksanakan Pelatihan Industri
2. Pengawasan (Monitoring) kepada siswa-siswi Pelatihan Industri harus lebih ditingkatkan baik itu dari pihak sekolah maupun dari pihak Industri agar pelaksanaan Pelatihan Industri berjalan sebagaimana mestinya.
3. Bagi dunia usaha atau Industri tempat penulis melaksanakan Pelatihan Industri hendaknya lebih meningkatkan Kedisiplinan kerja lagi baik itu untuk karyawan bengkel maupun untuk siswa pelatihan industri.
DAFTAR PUSTAKA


PT Toyota Astra Motor, Pedoman Reparasi Mesin Kijang
PT Toyota Astra Motor, New Step Training Marwal






















LAMPIRAN – LAMPIRAN
JURNAL KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
NO HARI/TANGGAL KEGIATAN
1 Senin, 1 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat dan memasang roda milik Suzuki Carry Futura
2 Selasa, 2 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat Toyota Kijang Super
3 Rabu, 3 Feb 2010 Mengambilkan kunci/alat mengampelas busi , memasang roda mobil Suzuki Carry
4 Kamis, 4 Feb 2010 Mengambilkan kunci/alat, melepas dan memasang roda , membersihkan sepatu rem tromol Kijang Grand Extra
5 Jum’at, 5 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat melepas dan memasang roda mengampelas busi, membersihkan transmisi (Ford Las)
6 Sabtu, 6 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat melepas dan memasang roda , membersihkan komponen dari pegas daun, memasang pegas daun, mobil Isuzu Panther
7 Senin, 8 Feb 2010 Mengambilkan alat-alat/ bantu-bantu mengampelas busi , merapikan alat-alat/kunci Mobil Suzuki Carry
8 Selasa, 9 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat , mengampelas sepatu rem, memasang kampas rem, membersihkan saringan udara, membersihkan Bok di Kijang Super
9 Rabu, 10 Feb 2010 Merapikan alat-alat, bantu-bantu atau mengambilkan kunci/alat , mengampelas busi, melepas dan memasang baut transmisi mobil Ford Laser.

1 Mei 2010
Pembimbing Industri






Nama : Iwan Purwanto Perusahaan : Putra Tiga Berlian Motors
NIS : 0809419 Alamat : Jl. D.I Panjaitan, Sewaka, Pemalang
Kelas : XI TMO 2 Bulan : Februari


NO TANGGAL PERBAIKAN KENDARAAN KODE KELUHAN
1 01-02-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 02
2 02-02-2010 FORD LASER 08
3 03-02-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,07,09
4 04-02-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 02,03
5 05-02-2010 FORD LASER 09,10
6 06-02-2010 HONDA ACCORD 02,04,09
7 08-02-2010 HONDA ACCORD 01,09
8 09-02-2010 TOYOTA KIJANG 01,02,05
9 10-02-2010 TOYOTA KIJANG LGX 01,02,03
10 11-02-2010 FORD LASER 10
11 12-02-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 02,05
12 13-02-2010 TOYOTA COLT DIESEL 02
13 15-02-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 02
14 16-02-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 01,04
15 17-02-2010 ISUZU PANTHER 01,10
16 18-02-2010 KIA TRAVELLO 02,04
17 19-02-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 02,11
18 20-02-2010 MITSUBISHI COLT DIESEL 01,10,12
19 22-02-2010 FORD LASER 01,02,10
20 23-02-2010 TOYOTA KIJANG LX 02,09
21 24-02-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,03,06
22 25-02-2010 ISUZU PANTHER 01,02,03
23 26-02-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,06
24 27-02-2010 HONDA ACCORD 01,02,03


Kode Keluhan :

01 Tune Up 08 Turun Mesin
02 Rem 09 Suspensi
03 Timing Belt 10 Transmisi
04 Kelistrikan 11 Kemudi
05 Ganti Oli 12 Poros Propeller
06 Kopling 13 Exhaust Manifold
07 Balt Joint










Nama : Iwan Purwanto Perusahaan : Putra Tiga Berlian Motors
NIS : 0809419 Alamat : Jl. D.I Panjaitan, Sewaka, Pemalang
Kelas : XI TMO 2 Bulan : Maret

NO TANGGAL PERBAIKAN KENDARAAN KODE KELUHAN
1 01-03-2010 KIA SPORTAGE 04,10
2 02-03-2010 DAIHATSU CHARADE 01,02
3 03-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 02,09,10
4 04-03-2010 MITSUBISHI COLT T120 SS 02,07,10
5 05-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 08
6 06-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,02
7 08-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 02,10
8 09-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 06,10
9 10-03-2010 MITSUBISHI COLT DIESEL 10
10 11-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,03
11 12-03-2010 MERCEDES E220 02,04
12 13-03-2010 TOYOTA KIJANG LGX 01,02,09
13 15-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,02
14 16-03-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 02,06
15 17-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 02,11
16 18-03-2010 MITSUBISHI COLT DIESEL 09
17 19-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 02,12
18 20-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 08,12
19 22-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,08
20 23-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,02,03
21 24-03-2010 DAIHATSU TARUNA 02
22 25-03-2010 TOYOTA KIJANG GRAND EXTRA 01,02
23 26-03-2010 TOYOTA KIJANG LX 01,02,07
24 27-03-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,02
25 29-03-2010 TOYOTA KIJANG LSX 08
26 30-03-2010 TOYOTA KIJANG LSX 01,03
27 31-03-2010 SUZUKI CARRETA 02





Kode Keluhan :

01 Tune Up 08 Turun Mesin
02 Rem 09 Suspensi
03 Timing Belt 10 Transmisi
04 Kelistrikan 11 Kemudi
05 Ganti Oli 12 Poros Propeller
06 Kopling 13 Exhaust Manifold
07 Balt Joint




Nama : Iwan Purwanto Perusahaan : Putra Tiga Berlian Motors
NIS : 0809419 Alamat : Jl. D.I Panjaitan, Sewaka, Pemalang
Kelas : XI TMO 2 Bulan : April


NO TANGGAL PERBAIKAN KENDARAAN KODE KELUHAN
1 01-04-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 01,03
2 02-04-2010 TOYOTA KIJANG GSX 01,10
3 03-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,05
4 05-04-2010 DAIHATSU TARUNA 01,02
5 06-04-2010 MITSUBISHI COLT DIESEL 05
6 07-04-2010 HONDA CELLO 02,04
7 08-04-2010 TOYOTA LAND CRUIZER 01
8 09-04-2010 HONDA ACCORD 01
9 10-04-2010 MITSUBISHI COLT DIESEL 02
10 12-04-2010 ISUZU PANTHER 02,12
11 13-04-2010 NISAN PATROL 01,04
12 14-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,04
13 15-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 01,08
14 16-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 11
15 17-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 02
16 19-04-2010 KIA TIMOR 01,05
17 20-04-2010 TOYOTA KIJANG 01,13
18 21-04-2010 KIA SPORTAGE 04,10
19 22-04-2010 TOYOTA KIJANG KRISTA 01,02,07,12
20 23-04-2010 TOYOTA KIJANG SUPER 01,02,03
21 24-04-2010 HONDA MAESTRO 04,05
22 26-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 04,05
23 27-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 08
24 28-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 08
25 29-04-2010 SUZUKI CARRY FUTURA 08
26 30-04-2010 HONDA MAESTRO 02,09,22






Kode Keluhan :

01 Tune Up 08 Turun Mesin
02 Rem 09 Suspensi
03 Timing Belt 10 Transmisi
04 Kelistrikan 11 Kemudi
05 Ganti Oli 12 Poros Propeller
06 Kopling 13 Exhaust Manifold
07 Balt Joint

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.